Penelitian
Model Pembelajaran Horn di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan metode pembelajaran horn bagi pelajar pemula. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta, khususnya mahasiswa yang masuk melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN. Umumnya mahasiswa menghafalkan atau belajar otodidak dan belum menguasai ilmu musik. Kemudian melalui penyusunan strategi pembelajaran pada tingkat keterampilan dan kemampuan mahasiswa horn pada Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta meningkat. Maka penulis menawarkan perancangan agar bisa mengatasi mahasiswa dalam membaca notasi balok. Kemudian dalam mendapatkan data menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan musikologis. Hasil luaran yang ditargetkan adalah model pembelajaran ini menggunakan metode partisipative learning melalui metode ceramah, demonstrasi tanya jawab dan tugas. Kemudian mampu mengolah variasi nada dari mengembangkan tema frase mencakup elemen musikal yakni: ritme, melodi, dan tempo. Ketiga elemen tersebut dikembangkan dalam variasi tangga nada, etude dan lagu.
Tidak tersedia versi lain