Tugas Akhir
Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Museum Dewantara Kirti Griya Di Masa Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem kehidupan manusia, sehingga
hampir seluruh sektor beralih pada digitalisasi. Salah satu sektor terdampak,
Museum Dewantara Kirti Griya menggunakan media sosial Instagram sebagai
media promosi di masa Pandemi Covid-19. Pemanfaatan dilakukan sebagai cara
bertahan dan menjalankan visi misi dari museum. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengetahui bagaimana Museum Dewantara Kirti Griya memanfaatkan Instagram
sebagai media promosi di masa Pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan dengan
menggunkan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini adalah
implementasi dari teori fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating,
dan controlling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, Museum Dewantara Kirti
Griya melakukan pemanfaatan Instagram dengan membuat konten-konten
berbentuk video dan infografis sebagai media promosi. Dalam pemanfaatannya,
terdapat pengelolaan yang dilakukan oleh pihak Museum Dewantara Kirti Griya.
Dalam proses pengelolaannya, pihak pengelola mendapatkan bantuan sumber daya
manusia dari pihak eksternal.
Tidak tersedia versi lain