Tugas Akhir
Peran Perusahaan Sosial "Setali Indonesia" Dalam Upaya Mengatasi Limbah Tekstil di Jakarta
Penelitian ini berawal dari situasi meresahkan pada industri mode terkini dengan adanya tren yang berganti cepat, atau biasa disebut dengan konsep fast fashion. Konsep ini ternyata berdampak negatif pada lingkungan yaitu menghasilkan banyak sampah atau limbah tekstil yang menggunung dan mencemari planet Bumi. Dari permasalahan tersebut dipandang perlu untuk melakukan penelitian yang salah satu tujuannya adalah meminimalkan kerusakan lingkungan akibat limbah tekstil. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan sustainable fashion, sosiologi lingkungan dan sosiologi seni. Luaran dari penelitian adalah adanya data perubahan habit atau kebiasaan masyarakat dalam menanggapi isu-isu lingkungan; yang dilihat melalui engagement atau respon masyarakat di akun media sosial Instagram Setali Indonesia (@setali.indonesia) dari tahun 2018 sampai tahun 2021. Perubahan kebiasaan masyarakat ini terlihat dari meningkatnya jumlah likes, viewers, reaction di media sosial, jumlah donatur pakaian dan jumlah limbah tekstil yang diberikan kepada Setali Indonesia.
Tidak tersedia versi lain