Tugas Akhir
Metode Pembelajaran Tari Burung Di Sanggar Wiraga Apuletan Yogyakarta
Metode pembelajaran adalah sebuah proses sistematis dan teratur. Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur yang penting dalam menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang di gunakan untuk anak-anak di Sanggar Wiraga Apuletan Yogyakarta. Pembelajaran tari Burung merupakan salah satu tari kreasi anak yang ada di Sanggar Wiraga Apuletan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer, hasil observasi dan wawancara. Sedangkan sumber data sekunder berupa foto-foto dan dokumentasi tari Burung. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Latar pada penelitian ini adalah Sanggar Wiraga Apuletan. Narasumber penelitian yaitu beberapa pengajar di Sanggar Wiraga Apuletan, objek penelitiannya adalah tari Burung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pembelajaran tari Burung di Sanggar Wiraga Apuletan menggunakan 5 metode, yakni 1. Metode Ceramah, 2. Metode Latihan (drill), 3. Metode Demonstrasi, 4. Metode Imitasi, 5. Metode Penugasan. Penggunaan metode tersebut sangat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, karena peserta didik dapat memahami dengan cepat serta dapat menarikan tarian dengan baik.
Tidak tersedia versi lain