Penelitian
Implementasi Infographic Learning Synchronous Pada Pembelajaran Pedagogi Seni Pertunjukan Melalui Zoom Meeting
Situasi pandemik COVID-19 yang belum reda hingga memasuki tahun 2021
menuntut adanya kreativitas pengajar terkait pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
Pembelajaran online untuk materi pedagogi seni semestinya perlu untuk memanfaatkan
pendekatan secara asynchronous dan synchronous. Pendekatan asynchronous telah ditempuh
melalui media email, drive online, pesan instan, serta Social Learning Network. Pendekatan
synchronous yang dilakukan saat ini menggunakan online meeting video dengan Zoom
Meeting, maka perlu adanya suatu penerapan teknik instruksional agar penyampaian materi
dapat diterima mahasiswa secara lebih baik. Salah satu cara yang sesuai untuk mendukung
upaya ini adalah pemanfaatan desain infografis dalam presentasi. Infografis merupakan
bentuk penyajian informasi yang dirancang dengan menggabungkan visual dengan teks,
namun dominasi pada teks dikurangi. Studi terkait pemanfaatan infografis dalam
pembelajaran telah banyak diteliti pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan belajar mahasiswa dari penyampain materi
secara synchronous melalui presentasi infografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif non-eksperimental dengan skenario pengambilan data secara cross-sectional
dan arah riset termasuk dalam deskriptif non-eksperimental. Teknik analisis data ditempuh
melalui statistik deskriptif. Metode pengambilan data yang dipakai adalah survey online.
Responden penelitian ini berasal dari tiga program studi pada bidang pendidikan seni
pertunjukan dan diambil dari tiga perguruan tinggi berbeda. Responden yang didapatkan
berjumlah 155 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa
terhadap presentasi infografis mengarah pada kesepakatan positif. Walaupun terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil ketiga perguruan tinggi tersebut, namun sebagian
besar mahasiswa tetap setuju dengan keunggulan infografis yang disampaikan, yang
dibuktikan dengan rata-rata skor yang masuk ke dalam konversi “Setuju”. Pada bagian
selanjutnya, sebagian besar responden juga menegaskan sepakat atau “Ya” tentang dukungan
presentasi infografis untuk pembelajaran. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran daring dengan online meeting video akan lebih baik jika
difasilitasi dengan presentasi berbasis infografis. Luaran yang sudah dihasilkan adalah artikel
ilmiah yang terbit di jurnal nasional (SINTA 4) dan prosiding konferensi internasional
bereputasi (IEEE).
Tidak tersedia versi lain