Tugas Akhir
Si Lit: Komposisi Karawitan Berbasis Pada Pengolahan Posisi Kendhang Bathangan
Si Lit” adalah komposisi karawitan berbasis pada pengolahan posisi kendhang batangan. Selama ini, posisi memainkan kendhang batangan hanya menggunakan satu posisi horisontal atau vertikal. Sehingga, posisi kendhang batangan menurut penulis mampu dieksplorasi lebih jauh dengan cara mengolah posisi secara horisontal, vertikal, dan diagonal. Berawal dari rangsangan ide tersebut, penulis mencoba hal yang berbeda yaitu menciptakan jagrag (stand) kendhang batangan untuk menawarkan posisi pada saat memainkan kendhang secara rotasi dengan cara duduk di atas kursi atau berdiri. Penulis juga memodifikasi alat penyeteman kendhang batangan yang disebut dengan penggada, karena bentuknya menyerupai gada. Sistem penyeteman kendhang batangan selama ini tidak memiliki standar bunyi yang pasti atau berpijak pada nada tertentu. Terdapat empat tahapan metode yang digunakan oleh penulis, yaitu: identifikasi (observasi, wawancara, diskografi), eksplorasi, wujud karya, dan penotasian. Melalui penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa pengolahan posisi kendhang batangan pada komposisi karawitan dengan judul karya “Si Lit” dapat menerapkan dengan mengubah motif sekaran-sekaran yang sudah ada seperti kendhangan tayuban, kendhangan sekaran I, kendhangan iringan tari, kendhangan gangsaran. Di dalam karya “Si Lit”, kendhang batangan dapat digerakkan secara horisontal, vertikal, dan diagonal. Kendhang batangan dimainkan menggunakan jagrag (stand) kendhang dengan cara duduk di atas kursi atau berdiri.
Tidak tersedia versi lain