Tugas Akhir
Perancangan Concept Art Action Game untuk Adaptasi Permainan Tradisional dengan Tema Science Fiction
Perkembangan zaman dan teknologi membuat budaya permainan
tradisional kian dilupakan oleh generasi muda dan tergantikan oleh permainan
elektronik dengan tampilan dan konsep yang lebih menarik. Permainan tradisional
yang konvensional perlu beradaptasi dengan perubahan ini agar terus bisa dikenal
oleh masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi kreatif dalam
mengadaptasi permainan tradisional agar menjadi bentuk permainan elektronik atau
gim tanpa mengubah gaya dan bentuk aslinya.
Dengan menggunakan metode analisis 5W+1H yang mencakup pertanyaan
apa, siapa, kenapa, kapan, di mana, dan bagaimana dari perancangan ini, diperoleh
hasil perancangan sebuah konsep seni (concept-art) sebelum mewujudkan gim aksi
sesungguhnya. Perancangan konsep seni ini digunakan sebagai pedoman dan
landasan aset visual kepada pengembang industri gim. Perancangan ini
menghasilkan konsep karakter, desain lingkungan, properti dalam gim, serta userinterface dari gim. Permainan tradisional yang diadaptasi antara lain gobak sodor,
gasingan, layangan, kelereng, tarik tambang, dan bola bekel. Bentuk permainan dan
visual menjadi perhatian juga dalam perancangan konsep seni ini.
Tidak tersedia versi lain