Penelitian
Assesment Metode RULA Pada Desain Furniture Sektor Publik di Yogyakarta
Penyelenggara pelayanan publik seperti mengalami shock dalam memberikan pelayanan publik di tengah wabah Covid 19, meskipun protokol kesehatan telah di berlakukan namun tetap saja perlu perbaikan dan pembenahan baik dari segi sistem palayanan maupun desain interior layanan publik. Beberapa solusi dan inovasi yang terkesan mendadak menjadi solusi singkat salah satunya dengan menerapkan kursi kosong yang di beri jarak untukmeminimalisir kontak langsung antar warga, meja layanan yang diberi sekat mika plastik, hingga ruanganruangan yang diberi partisi semi permanen. Penelitian ini dilatar belakangi pada sesuatu yang ingin diungkapkan dari hasil pengamatan pada beberapa furniture publik yang berada di ruang publik sebagai sarana beraktifitas bagi masyarakat di era pandemi Covid 19, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan fakta-fakta baru bagaimana furmiture publik diterapkan pada masa pandemi serta mengembangkan pengetahuan yang ditemukan pada saat melakukan penelitian di lapangan yang hasilnya akan diinformasikan pada dunia pendidikan, dunia profesi dan masyarakat pada umumnya.
Fenomena desain interior dan elemen pengisi ruang pelayananpublikmerupakanhalyang menarik untuk dikaji lebih jauh, sektor pelayanan publik bertujuan mensejahterakan kehidupan masyarakat dalam pemenuhan kepentingan sehari-hari. Aspek ergonomi serta antropometri menjadi hal penting dalam mengkaji penerapan desain furniture pelayananpublik di masa pandemi Covid-19 agar aktifitas pelayanan publik tersebut dapat tetap beroperasi dengan efektif, nyaman, aman dan efisien selama masa pandemi ini. Data serta kajian mengenai dimensi, ukuran dan bahan furniture yang dipakai pada fasilitas publik merupakan muara dalam membedah kasus desain interior pelayanan publik di Yogyakarta. Untuk memberi ulasan mengenai antropometri terutama dalam memperoleh data mengenai posture kerja baik bagi pemberi jasa pelayanan publik maupun penerimanya digunakan assessment dengan metode RULA (Rapid Upper Limp Assesment), metode ini digunakan untuk menginvestigasi dan menilai posisi kerja yang dilakukan oleh tubuh bagian atas, sepertimengangkat, menarik, menulis, membaca, dan lain sebagainya.
Pelayanan publik di kota Yogyakarta sebagai salah satu tempat yang memfasilitasi pelayanan publik beraktifitas bagi masyarakat, perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius mengingat kondisi pandemic yang sampai saat ini masih berlangsung namun proses pemenuhan kebutuhan publik harus tetap berjalan. Fasilitas publik yang merupakan elemen interior berupa tempat duduk, meja layanandan lainnya memiliki peranan penting dalam kegiatan pelayanan publik, penelitian ini akan menginvestigasi furniture pelayanan publik yang hasilnya akan dijadikan pedoman untuk memeberikan usulan desain furniture pelayananpublik di masa pandemi.
Tidak tersedia versi lain