Penelitian
Konsep Penilaian Pembelajaran Instrumen Mayor Piano Dengan Menggunakan Penilaian Autentik
Mata kuliah Instrumen Mayor Piano tidak hanya membutuhkan keterampilan bermain piano, tetapi juga membutuhkan berbagai macam pengetahuan yang berhubungan dengan peningkatan keterampilan bermain piano seperti Teori Musik, Harmoni, Kontrapung, Ilmu Bentuk Analisa, dan Sejarah Musik. Sesuai dengan keluaran dari Prodi S-1 Pendidikan Musik, yaitu menjadi pengajar instrumen musik, maka diharapkan dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan bermain piano, mahasiswa siap menjadi pengajar piano. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka pembelajaran Instrumen Mayor Piano dirancang melalui pemberian materi yang seimbang antara teori dan praktik. Perancangan materi pembelajaran ini juga sekaligus menjadi dasar pada penilaian hasil belajar mata kuliah Instrumen Mayor Piano. Menurut Permenristekdikti No 3 tahun 2020, penilaian hasil belajar pada Perguruan Tinggi terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil belajar, yang meliputi penilaian pengetahun, keterampilan umum dan keterampilan khusus. hasil Penilaian belajar mata kuliah Instrumen Mayor Piano yang selama ini dilakukan hanya berdasarkan penilaian keterampilan saja, belum mencakup proses penilaian. Untuk dapat menilai hasil belajar mahasiswa yang mencakup penilaian proses dan hasil, maka digunakan penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang akan memberikan gambaran perkembangan siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Penekanan penghakiman autentik adalah pada proses dan hasil belajar dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan kompetensi pembelajaran. Penggunaan penilaian autentik dalam pembelajaran Instrumen Mayor Piano diharapkan mampu memberikan hasil penilaian yang objektif terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang konsep penilaian autentik pada pembelajaran Instrumen Mayor Piano di Prodi S-1 Pendidikan Musik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian yang ditargetkan adalah konsep rancangan penilaian autentik untuk pembelajaran Instrumen Mayor Piano. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian yang ditargetkan adalah konsep rancangan penilaian autentik untuk pembelajaran Instrumen Mayor Piano. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, studi pustaka, dan wawancara. Hasil penelitian yang ditargetkan adalah konsep rancangan penilaian autentik untuk pembelajaran Instrumen Mayor Piano.
Tidak tersedia versi lain