Penelitian
Implementasi Teknik Double-Stops Pada Violin Concerto No. 2 Anatoly Komarowski
Kebijakan ISI Yogyakarta terhadap penerimaan mahasiswa baru menyisakan persoalan dalam pembelajaran Violin Menengah I di Jurusan Musik FSP ISI. Pengecualian tes kompetensi praktik violin pada lulusan SNMPTN dan SBMPTN berdampak pada hadirnya mahasiswa violin dengan kompetensi dasar ataupun pemula. Kesenjangan kualifikasi diantara violin tingkat dasar dan tingkat menengah ini menuntut adanya strategi percepatan yang berfokus pada pembelajaran teknik permainan violin secara sistematis. Strategi pembelajaran violin berbasis kajian adalah fokus utama Jurusan Musik sehingga penelitian terkait percepatan teknis dan pemahaman interpretatif pada repertoar musik violin patut terealisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teknik double-stop dalam Violin Concerto No. 2 karya Anatoly Komarowsky pada Violin Menengah I di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Doublestops merupakan teknik permainan violin pada tingkat menengah yang terdapat pada repertoar di berbagai gaya ataupun periode dalam kultur musik barat. Penulis turut menyoroti kelangkaan kajian repertoar musik violin, terkhusus karya Komarowsky. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan musikologis. Tahapan penelitian terdiri dari serangkaian proses yaitu studi pustaka, observasi, wawancara, dan analisis. Penelitian ini diharapkan dapat memperluas khasanah literasi musik violin, baik secara teknis maupun teoretis
Tidak tersedia versi lain