Penelitian
Efektivitas Strategi Latihan Instrumen/ Vokal pada Mahasiswa di Jurusan Musik ISI Yogyakarta
Proses pembelajaran dan pengajaran merupakan proses interaksi antara dosen dan mahasiswa yang dilakukan untuk menghasilkan perubahan pada mahasiswa dari yang belum mengetahui menjadi mengetahui, belum menguasai menjadi menguasai, dari yang belum bisa menjadi bisa. Untuk mewujudkan hal tersebut proses pembelajaran dan pengajaran seharusnya berjalan efektif. Karena dosen bertanggung jawab untuk melengkapi mahasiswa dengan strategi yang diperlukan untuk menjadi praktisi yang efektif dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka mahasiswa perlu belajar bagaimana latihan yang efektif dengan memiliki keterampilan pengaturan diri yang lebih luas yang diperlukan bagi mereka, sehingga dapat mengatur pikiran, perasaan, dan tindakan ketika mereka berlatih instrumen/vokal. Perilaku dan pemikiran yang melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan latihan harus dikembangkan. Mahasiswa berlatih untuk meningkatkan kemahiran teknis dalam instrumen/vokal, menghafal suatu repertoar, mempersiapkan repertoar untuk pertunjukan, mempelajari repertoar baru, dan mengembangkan interpretasi pada repertoar musik. Mahasiswa seharusnya memiliki kapasitas untuk merencanakan, menetapkan tujuan, dan membayangkan kesuksesan di masa depan, hal ini membentuk bagaimana mereka selanjutnya akan berperilaku ketika mereka mengejar tingkat keterampilan dalam memainkan instrumen/vokal yang semakin maju. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi latihan instrument musik dan vokal pada mahasiswa di Jurusan Musik ISI Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari 55 subjek yang berada di semester tiga dan lima, kami asumsikan mahasiswa yang berada pada semester tersebut telah mendapatkan pengalaman latihan instrument dan vokal yang diberikan oleh dosen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis skor jawaban subjek pada kuesioner efektifitas strategi latihan sehingga diperoleh gambaran mengenai strategi latihan instrument musik dan vokal mahasiswa. Dalam menganalisis tingkat efektivitas strategi latihan instrument musik dan vokal mahasiswa, kami melakukan pengkategorian menggunakan skor hipotetik. Dengan 3 kategori untuk mengetahui tingkat efektivitas latihan mahasiswa yaitu efektif, cukup efektif, dan tidak efektif. Dari hasil analisis skor jawaban subjek pada kuesioner efektifitas strategi latihan, menunjukkan bahwa tidak ada subjek yang berada pada kategori tidak efektif, ada 24 subjek berada pada kategori cukup efektif, dan 33 subjek berada pada kategori efektif.
Tidak tersedia versi lain