Penelitian
Penciptaan Film Seri Animasi “Sahabat Pancasila” Sebagai Media Pendidikan Moral Pancasila di Kanal Youtube
Banjirnya informasi di era revolusi industri keempat berakibat pada perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi informasi. Hal ini juga berimbas pada dunia pendidikan sehingga mengakibatkan perilaku belajar anakanakdan generasi muda saat ini lebih cenderung suka memanfaatkan mediaalternatif seperti halnya media sosial, Google dan YouTube sebagai perangkat bantu belajar dibandingkan dengan belajar teori secara konvensional. Fenomenaini harus dengan cepat ditangkap oleh para pendidik agar mulai berinovasimendekatkan informasi kepada generasi sekarang dengan memanfaatkan mediatersebut. Strategi-strategi pembelajaran yang baru harus mengadopsi media dankonten-konten yang disukai siswa agar unsur keaktifan dan keterlibatan siswasemakin baik. Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah sepantasnya diajarkan dengan melakukan inovasi pendekatan-pendekatan yang dinamis terhadap perkembangan zaman. Penanaman ideologi dengan cara konvensional harus didampingi dengan media alternatif yang disukai oleh generasi saat ini. Nilai-nilai praktis pengamalan Pancasila harus dijaga agar bangsa ini tidak lupa akan jati dirinya sebagai bangsa yang majemuk namun tetap satu kesatuan. Pendekatan kepada anak-anak sebagai pendidikan dini sangatlah mudah didekati dengan media film animasi. Kompleksitas konflik sosial dapat disederhanakan dan didekatkan dengan mudah ke dunia anak-anak dengan strategi penyajian media film animasi. Aspek kedekatan inilah yang menjadi strategi utama usulan pembuatan film animasi “Sahabat Pancasila” sebagai sebuah media pendidikan moral Pancasila di kanal media YouTube. Kanal ini dipilih karena merupakan kanal yang paling banyak dikunjungi dan sudah sangat familiar di kalangan anak-anak. Proses pembuatan film animasi Sahabat Pancasila dilakukan dengan kerangka kerja proses produksi film animasi pada umumnya, yaitu diawali dengan tahap praproduksi yang kemudian dilanjutkan dengan tahap produksi serta diakhiri dengan tahapan pascaproduksi. Tahapan mendaftarkan distribusi dilakukan setelah pasca produksi selesai dengan kanal “Sahabat Pancasila” di situs YouTube dan mulai mengunggah karya hasil produksi agar dapat dinikmati oleh khalayak ramai dengan dibantu melalui promosi dan sosialisasi karya secara melalui mediasosial lainnya. Evaluasi karya dilakukan dengan merekam tanggapan dan tanggapan melalui media YouTube. Hasil tersebut kemudian akan menjadi bahan evaluasi pengembangan bagi keberlanjutan karya berikutnya. Berdasarkan pencapaian tersebut, maka hasil akhir yang didapat adalah produk film animasi yang telah memiliki hak cipta dengan status grant dan hasil evaluasi yang dituangkan dalam bentuk artikel ilmiah di jurnal terakreditasi SINTA-2 dengan status diterima. Dikarenakan produk film animasi “Sahabat Pancasila” telah didistribusikan dalamkanal media YouTube dan dapat disajikan dalam lingkungan yang relevan, maka hasil tersebut sesuai TKT tingkat ke-6
Tidak tersedia versi lain