Tugas Akhir
Tinjauan Visual Poster Maybelline "Brave Together" di Platform Wattpad 2021
Pandemi Covid-19 yang melanda secara global berdampak pada berubahnya pola
perilaku manusia. Selain itu beberapa studi pun menunjukkan bahwa pandemi telah
mempengaruhi kesehatan mental remaja termasuk di Indonesia. Dampak ini yang
kemudian mendorong Maybelline untuk meluncurkan kampanye “Brave
Together”. Kampanye ini merupakan kampanye untuk menghilangkan stigma
tentang kegelisahan dan depresi lewat karya tulisan yang dapat diunggah di
platform Wattpad. Salah satu media yang digunakan dalam kampanye ini adalah
poster “Brave Together”.
Demikian penelitian ini dilakukan untuk menginterpretasikan poster “Brave
Together”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan interpretasi visual
poster “Brave Together” yang diluncurkan oleh Maybelline dengan menggunakan
pendekatan E.B Feldman. E.B Feldman mengungkapkan bahwa terdapat empat
tahapan untuk dapat menginterpretasikan serta meninjau karya yaitu tahap
deskripsi, tahap analisis formal, tahap interpretasi, dan tahap evaluasi. Masingmasing
tahapan tidak dapat dilakukan tanpa adanya bantuan dari teori lain untuk
mempertajam hasil penelitian.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tahapan
deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data
dilakukan lewat studi pustaka dan observasi terhadap kedua poster “Brave
Together”. Sedangkan teknik analisa data dilakukan secara induktif. Hasil dari
penelitian ini mengungkapkan bahwa dimulai dari tahap deskripsi, analisis formal,
hingga interpretasi menemukan bahwa terdapat keterkaitan antara elemen visual
yang digunakan dengan tujuan diselenggarakannya kampanye “Brave Together” ini
yang kemudian terwujud dalam poster sebagai media komunikasi visual utamanya.
Tidak tersedia versi lain