Penelitian
Kajian Historis Proses Pembelajaran Gitar Klasik di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta
Penelitian ini mengkaji perkembangan proses pembelajaran gitar klasik di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta, sejak pertama ditawarkan pada masa Akademi Musik Indonesta hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode historikal, yaitu merekonstruksi perjalanan historis pembelajaran bidang ini secara kronologis Masalah yang mendasari pengkajian ialah bagaimanakah dinamika perubahan proses pembelajaran gitar klasik di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta hingga saat Ini dan bagaimana kemungkinan pengembangannya ke depan. Data penelitian akan digali melalui pendekatan survey dokumen, wawancara, dan studi literatur. Melalui penelitian ini diharapkan akan tercapainya tujuan penelitian ini. yaitu untuk memperoleh pengetahuan tentang pengembangan kurikulum, instrumen musik pada Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakrata. Luaran yang ditargetkan bagi PS Musik adalah berupa buku ajar mata kuliah yang dilengkapi dengan informasi sejarah proses pembelajran gitar di ISI Yogyakarta sebagai latar belakang. Penelitian ini berada pada TKT level 3. Berdasarkan roadmap topik ini Studi analitik terkait proses pembelajaran di ISI Yogyakarta telah dilakukan melalui penelitian-penelitian yang berkaitan dengan sejarah Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta. Karakteristik unjuk kerja instrumen yang digunakan dalam mengkaji proses pembelajaran telah diidentifikasi berdasarkan perbandingan pengalaman belajar masa lampau dengan keadaan saat ini sehingga telah diperoleh prediksi arah pembahasannya. Uji kelayakan penerapan teknologi dilakukan dalam bentuk pengamatan langsung proses pembelajaran gitar pada keempat prodi musik di FSP ISI Yogyakarta Model simulasi untuk menguji elemen-elemen teknis proses pembelajaran gitar sudah dilakukan. Dengan demikian teknologi pembelajaran yang akan dignakan dalam mengkaji topik penelitian ini layak secara ilmiah
Kata Kunci: kajian historis: gitar klasik pendidikan tinggi music kurikulum; model pembelajaran
Tidak tersedia versi lain