Penelitian
Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta
Perpustakaan memiliki peran strategis dalam proses pendidikan baik formal maupun non formal. Perpustakaan merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh lembaga untuk menunjang proses belajar-mengajar peserta didik sehingga perpustakaan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Berhasil tidaknya pendidikan yang dicapai oleh mahasiswa merupakan tanggung jawab bersama antara mahasiswa, dosen dan sarana penunjang lain seperti perpustakaan. Penelitian ini berfokus pada intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa FSP ISI Yogyakarta yang sudah dalam masa menjelang akhir studi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling bertujuan dengan mempertimbangkan faktor tertentu. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang mahasiswa yang masing-masing ditentukan berdasarkan prodinya dan 1 orang dosen yang sering berkunjung ke perpustakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan dan dampaknya terhadap prestasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan meningkat karena dorongan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen maupun untuk menyelesaikan tugas akhir. Cara mereka mengakses informasi tidak hanya secara fisik datang ke perpustakaan, melainkan juga memanfaatkan koleksi digital. Kendala yang ditemukan adalah kurang lengkapnya koleksi hingga ke subyek minat utama serta kenyamanan ruang yang bisa mempengaruhi mahasiswa dalam berkunjung secara fisik ke perpustakaan. Selain memanfaatkan koleksi dengan cara membaca, menyalin, memfotokopi dan meminjam, mahasiswa sudah memanfaatkan koleksi repository institusi. Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada saat mahasiswa aktif memanfaatkan koleksi perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain