Penelitian
Evaluasi Kualitas Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Berdasarkan Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan dapat diketahui dengan membandingkan antara layanan yang diterima dengan layanan yang diharapkan. Jika yang menjadi harapan dari pemustaka dapat terpenuhi atau bahkan melebihi dari harapan awalnya maka kepuasan pemustaka dapat terwujud. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui survei kepada 367 responden dengan menggunakan 9 unsur/variabel pengukuran berdasarkan Permenpan RB No.14 Tahun 2017 maka kesimpulkan yang diperoleh yaitu mutu pelayanan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta bernilai “ C ” dan kinerja unit pelayanan bernilai kurang baik. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu adanya perbaikan dan peningkatan dalam layanan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta terutama dalam sarana dan prasarana karena unsur ini mempunyai nilai rata-rata paling rendah. Nilai rata-rata tertinggi ada pada unsur penanganan pengaduan, saran, dan masukan. Ada 33 saran yang diberikan pemustaka melalui kuesioner untuk peningkatan layanan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Dengan persepsi ini maka perlu adanya tindak lanjut terhadap saran dan masukan yang diberikan pemustaka agar layanan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dapat lebih baik lagi, informasi yang dibutuhkan pemustaka dapat terpenuhi serta dengan dukungan sarana prasarana yang memadai pada akhirnya akan memberikan kepuasan kepada pemustaka dan diperoleh citra yang baik terhadap perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain