Buku Teks
Ethnomethodology
Koleksi ini menghindari, sejauh mungkin, hanya pernyataan programatik tentang karakter dan arah etnometodologi, dan lebih berfokus pada demonstrasi dan contoh penelitian yang dilakukan dalam nada etnometodologis. Saya telah berusaha untuk mewakili berbagai perhatian dan strategi penelitian yang saat ini dianggap sebagai etnometodologi. Ada kemungkinan bahwa beberapa peneliti yang diwakili di sini tidak akan (atau tidak lagi) mencirikan pekerjaan mereka sebagai etnometodologi. Pengelompokan karya-karya ini di bawah rubrik itu adalah tanggung jawab saya, dan saya telah dipandu terutama oleh kriteria profesional praktis. Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa semua penulis ini akan dianggap oleh sosiologi tradisional - itu sendiri merupakan gloss untuk serangkaian usaha yang beragam. - sebagai praktisi sekolah' Namun, tidak ada jaminan bahwa barang-barang yang dikumpulkan di sini akan cocok satu sama lain seperti potongan-potongan teka-teki jig-saw, mengungkapkan jika hanya disatukan dengan hati-hati dan benar-gambar, gambar, yang akhirnya terlihat “apa sebenarnya” etnometodologi itu. Karena sejatinya karya yang diberi label demikian oleh mereka yang berada di luarnya menunjukkan keragaman yang semakin meningkat. Dengan demikian tidak akan menimbulkan kekecewaan bagi sebagian besar kontributor, saya yakin, jika yang muncul bagi pembaca adalah kesimpulan bahwa karya tersebut telah mendobrak batasan apa pun yang awalnya mungkin memuatnya. Garfinkel sendiri menyebut istilah itu semboyan, dan vitalitas serta keberhasilan upaya itu telah menimbulkan harus berdiri sebagai klaim untuk kepentingan kita. Singkatnya, apa yang dimaksud dengan etnometodologi sekarang terletak pada hasil penelitian para praktisinya, dan pembacalah yang akan menilai tingkat keyakinan hasil hingga saat ini. Pilihan-pilihan ini harus dibaca sebagai kertas kerja, sebagai pandangan tentang apa yang sedang dilakukan dan apa yang mungkin dilakukan oleh ahli etnometodologi. Saya menekankan apa yang mungkin dilakukan, karena saya telah menggunakan sebagai kriteria seleksi bahwa materi yang disajikan di sini harus menjadi contoh dan model bagi mereka yang tertarik untuk bekerja di lapangan, baik dalam bentuk latihan siswa atau dalam skala yang lebih ambisius. Sejauh sebuah utas dapat diikuti melalui pilihan-pilihan yang mengikuti, itu dapat dianggap sebagai perhatian dengan penalaran praktis. Kekhawatiran abadi inilah, saya percaya, yang menjelaskan kritik standar bahwa metodologi etno-1 tidak jelas sehubungan dengan statusnya sebagai teori, dan tidak jelas tentang metode yang didukungnya. Teori dan metode (dalam pengertian sosiologisnya yang biasa) di sini dianggap sebagai produk dan praktik yang diorganisasikan dan dicapai secara sosial dalam hak mereka sendiri, dan karenanya dianggap sebagai topik yang menarik tanpa akhir.
Tidak tersedia versi lain