Tugas Akhir
Konsep Improvisasi Saksofon Tenor Joel Frahm Pada Lagu Gemini Vibe Karya Danny Janklow
Karya tulis ini membahas konsep improvisasi saksofon tenor Joel Frahm yang
diterapkan pada lagu Gemini Vibe karya dari Danny Janklow. Dalam penelitian ini
penulis memilih Frahm karena ia memiliki ciri khas tersendiri yaitu, teknik
permainan yang bagus dengan penguasaan nada bawah dan nada tinggi yang expert,
ia mampu mengolahnya menggunakan pendekatan chordal dan modal pada timing
dan ketukan yang tepat seiring berjalannya akor, selain itu ia juga sering
memainkan potongan-potongan melodi tema lagu saat berimprovisasi. Lagu
Gemini Vibe adalah sebuah karya instrumental saksofon ciptaan Danny Janklow
yang bergenre jazz fusion pada album Elevation yang dirilis pada tahun 2017.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses yang
dilakukan dengan mengumpulkan data pustaka, diskografi, analisa, transkrip,
eksplorasi dan aransemen. Dari hasil yang ditemukan penulis, Konsep improvisasi
Frahm sangat luas dan variatif berdasarkan penggunaan scale dan lick yang meliputi
tangga nada minor, dorian, pentatonic minor, whole half diminished scale,
diminished scale, blues, arpeggio dan triplet lick. Selain itu penggunaan teknik
artikulasi seperti accent, staccato dan legato serta penambahan ornamen atau nada
hias dalam setiap frase dan rangkaian pada improvisasi, merupakan konsep
permainan saksofon Frahm. Low dan high note licks juga menjadi salah satu konsep
yang dipakai frahm, dipadukan dengan feel dan artikulasi yang kuat. Joel Frahm
Blues Substitutions adalah scale yang sering digunakan Frahm saat berimprovisasi,
hal ini yang membedakan Frahm dengan pemain saksofon lain. Penulis menerapkan
konsep improvisasi ini dengan mengeksplorasi permainan saksofon Frahm,
kemudian berlatih improvisasi menggunakan pendekatan-pendekatan improvisasi
yang telah dianalisis. Dalam konser tugas akhir ini penulis berhasil menerapkan
beberapa konsep improvisasi Frahm kedalam permainan improvisasi penulis,
diantaranya pentatonic minor scale, dorian, whole half diminished scale,
diminished scale dan Joel Frahm Blues Substitutions. Dalam menerapkan
improvisasi ini penulis belum mampu menguasai permainan improvisasi Frahm
dengan menggunakan feel dan teknik high note dalam tempo yang cepat. Oleh
sebab itu perlu latihan yang intens dan mendengarkan improvisasi Joel Frahm lebih
sering sangat membantu untuk menguasai permainan improvisasi Frahm
Tidak tersedia versi lain