Tugas Akhir
Fenomena Positif Pandemi Covid-19 Dalam Penciptaan Karya Flip Case
Saat ini pandemi covid-19 sedang melanda seluruh dunia. Dampaknya terasa bagi kehidupan manusia terutama dampak ekonomi. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (lockdown) di Indonesia secara otomatis menghentikan mobilitas masyarakat sekitar yang menyebabkan mobilitas terhenti. Lockdown yang diberlakukan memiliki dampak positif antara lain berkurangnya tingkat polusi yang cukup signifikan. Berdasarkan hal tersebut, fenomena yang terjadi menjadi begitu beragam. Adanya pandemi menyebabkan manusia memiliki keterbatasan untuk bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat. Kegiatan lain yang dilakukan adalah perilaku yang menyehatkan, misalnya membersihkan lingkungan rumah, berkebun, bersepeda, maupun olahraga. Kegiatan ini berguna untuk menekan tingkat stress dan kebosanan berada di dalam rumah. Metode pendekatan yang digunakan dalam perwujudan karya tugas akhir penciptaan ini adalah pendekatan ergonomi oleh Bram Palgunadi. Sedangkan metode penciptaan yang digunakan adalah metode penciptaan kriya seni oleh S.P. Gustami.
Teknik produksi flip case terdapat beberapa proses yang harus dilalui. Secara runtutan tahapannya terdiri atas: Design, Cutting, Assembling, Stitching, Dan Finishing. Setiap flip case yang diciptakan merupakan representasi dampak positif pandemi covid-19, sehingga diharapkan mampu mengurangi tingkat stress dari akibat berkurangnya aktivitas diluar rumah. Proses dan hasil karya Tugas Akhir ini mempunyai tiga pencapian, yang pertama adalah dapat menciptakan karya flip case dengan konsep fenomena positif pademi covid 19. Pencapaian yang kedua adalah dapat mengetahui proses penciptaan fenomena positif pandemic covid 19 dalam penciptaan flip case. Pencapaian yang ketiga adalah dapat menciptakan fenomena pandemic covid 19 dalam karya flip case. Hasil dari karya flip case ini berupa 7 (tujuh) flip case dengan motif grafir visualisasi fenomena positif pandemi covid 19.
Tidak tersedia versi lain