Buku Teks
Tonality in Modern Music
Hasil karya tulis ini ditulis dalam beberapa bulan. Tetapi isinya berkembang sebagai hasil dari pencarian hampir seumur hidup. Jadi beberapa kata tentang ide yang memotivasi pencarian dapat dibenarkan. Buku ini dimaksudkan sebagai permohonan dan rangsangan untuk bagian dari upaya komposisi kontemporer yang terang-terangan bergaya "modern", bahkan mungkin modern secara radikal, namun pada saat yang sama berusaha untuk mempertahankan dan memperbarui vitalitas ekspresi dan daya tarik manusia yang selalu ada. mencirikan musik yang hebat. Dalam pengertian ini buku ini mungkin menemukan dirinya agak bertentangan dengan manifestasi komposisi yang berasal dari konsep atonalitas dan beberapa teknik yang berafiliasi dengannya. Tetapi itu juga, dan mungkin bahkan lebih kuat, bertentangan dengan kecenderungan berlawanan yang mencari solusi dalam eklektisisme estetika, dalam upaya sia-sia untuk mengisi cangkang lama dengan kehidupan artistik. Sebaliknya, buku tersebut akan menetapkan tujuan artistiknya sendiri, tidak terikat pada kekakuan skema struktural baru, atau diarahkan pada formasi musik masa lalu. Meskipun, oleh karena itu, dorongan di balik deduksi berikut ini adalah sesuatu yang estetis dan spiritual, penyajian dorongan ini seringkali tak terelakkan mengambil karakter teknis. Namun, pembaca akan memahami bahwa istilah-istilah teknis hanyalah formulasi yang dalam bahasa sehari-hari musisi ide-ide artistik dan manusia, yang merupakan masalah nyata dalam penelitian ini, dapat dijelaskan secara lebih akurat. Masih ada satu hal yang harus ditekankan sejak awal, untuk menghindari kesalahpahaman. Meskipun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evolusi prinsip-prinsip tertentu dalam musik kontemporer, presentasi berikut ini harus menggunakan karya masing-masing komponis untuk menunjukkan prinsip-prinsip tersebut. Namun harus dipahami bahwa para komposer ini tidak diperkenalkan dan didiskusikan untuk kepentingan mereka sendiri, yaitu untuk mengevaluasi pencapaian artistik mereka secara umum, tetapi hanya dalam hal ini. sejauh pekerjaan mereka menunjuk pada tren spesifik tertentu, deskripsi yang merupakan tujuan dari penjelasan kami. Jadi, jika misalnya seorang komposer dengan skala artistik Strawinsky didiskusikan hanya sehubungan dengan satu aspek komposisi, ritmis, ini tidak berarti signifikansi kreatifnya dianggap terbatas pada bidang yang satu ini. Juga tidak ada evaluasi estetika yang dimaksudkan jika banyak komponis yang diakui secara luas saat ini hanya disebutkan secara sepintas atau tidak disebutkan sama sekali. Buku ini tidak dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang kancah musik modern, tetapi hanya untuk menunjukkan salah satu tren spesifiknya, sebuah tren yang, terlebih lagi, baru sekarang mulai mengambil siluet yang terlihat jelas. Hanya apa yang menurut penulis berkaitan dengan evolusi spesifik ini—dan dia sangat sadar bahwa meskipun demikian usahanya harus tetap sangat tidak lengkap—dimasukkan dalam analisis.
Tidak tersedia versi lain