Tugas Akhir
Pembelajaran Tehnik Penjarian Pada Praktik Instrument Pilihan Flute Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cibinong
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran teknik penjarian dan mengetahui hasil pembelajaran teknik penjarian. Proses pembelajaran praktik instrumen flute ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu teknik penjarian. Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dilapangan terdapat beberapa kendala mengenai pembelajaran teknik penjarian yang dialami oleh siswa di SMK Negeri 2 Cibinong, kendala yang dihadapi siswa yaitu siswa masih kesulitan menyesuaikan pergerakan perpindahan jari, siswa masih menjangkau nada yang penjariannya jauh. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas untuk menggali lebih dalam mengenai proses pembelajaran teknik penjarian flute kelas X di SMK Negeri 2 Cibinong. Proses pembelajaran setiap pertemuannya memiliki dua kegiatan, yaitu kegiatan pertama, memainkan tangga nada G dan F mayor dengan nilai nada penuh, nilai nada seperdua, dan nilai nada seperempat. Kegiatan kedua,kegiatan membaca etude dengan menggunakan buku suplemen A Tune A Day for flute book 1, setiap minggunya siswa memiliki perkembangan yang berbeda dalam membaca etude .Kesimpulan hasil penelitian ini, proses pembelajaran teknik penjarian dibagi menjadi dua tahapan, tahapan pertama melatih tangga nada dan tahapan kedua melatih etude. Setiap siswa memliki kemampuan yang berbeda- beda, materi yang diberikanpun menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa flute kelas X.
Tidak tersedia versi lain