Tugas Akhir
Pembelajaran Lagu Pop Berbasis Vlog Youtube di Smp Negeri 1 Yogyakarta
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengakibatkan perubahan pelaksanaan pembelajaran. Perubahan dari belajar tatap muka menjadi pembelajaran daring mengakibatkan adanya permasalahan. Permasalahan juga terjadi dalam pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Pelaksanaan pembelajaran tersebut tidak efektif akibat dua hal, pertama selama proses pembelajaran terjadi gangguan jaringan sehingga tidak semua siswa dapat mengikuti proses pembelajaran tersebut secara lancar dan kedua penggunaan aplikasi Google Meeting kurang cocok untuk pembelajaran seni budaya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran lagu pop berbasis vlog YouTube di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilakukan untuk mendeskripsikan, dan memahami objek data yang diteliti secara mendalam. Sumber datanya sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Pembelajaran berbasis vlog atau menggunakan video dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif untuk melaksanakan proses pembelajaran. Vlog YouTube sebagai media yang digunakan selama pembelajaran daring dapat meningkatkan produktivitas, dan memberi kemudahan bagi guru, serta peserta didik untuk menyampaikan dan mengakses materi pembelajaran seni musik dengan baik khususnya materi lagu pop
Tidak tersedia versi lain