Tugas Akhir
Penerapan Pola Berbasis Warna Pada Pembelajaran Lagu Ferris Wheel Untuk Anak Usia 5-7 Tahun di Kawai Music School Lumajang
Tahap awal yang harus dikuasai dalam pembelajaran piano adalah membaca
notasi balok karena membaca notasi balok sebagai penunjang bermain musik.
Terdapat beberapa faktor penghambat kemampuan siswa dalam membaca
notasi balok, yaitu kurangnya media pembelajaran yang menarik khususnya
bagi anak usia 5-7 tahun di sekolah musik KAWAI School Luamajang hal
tersebut menjadi hambatan dalam membaca notasi musik. Ada beberapa
metode yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu metode imitasi,
demontrasi metode pola warna adalah strategi pembelajaran yang dapat
membantu siswa pada pembelajaran piano khususnya membaca notasi balok
dalam bentuk tangga nada C Mayor pada kunci G dan kunci F serta
pembelajaran lagu dari kurikulum KAWAI yaitu dari lagu Ferris Wheel. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang
memberikan informasi yang menyeluruh dan jelas terhadap situasi sosial yang
diteliti sehingga menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan atau
gambar tidak menekankan pada angka. Lokasi penelitian ini di Kawai Music
School Lumajang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data digunakan adalah
observasi aktif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah lima (5) siswa usia 5-7 tahun. Dari hasil penelitian adalah siswa dapat
memainkan notasi balok pada piano dengan metode warna menggunakan
kedua tangan memiliki peningkatan dalam bermain lagu.
Tidak tersedia versi lain