Tugas Akhir
A Thirteen-week performance practice routine sebagai strategi menghafal score musik pada pembelajaran piano
Karya tulis ini dimaksudkan untuk meneliti proses dan hasil dari penerapan
strategi a thirteen-week performance practice routine untuk menghafal score
musik pada pembelajaran piano. Strategi ini merupakan strategi latihan untuk
mahasiswa piano yang diadaptasi oleh Jierong Wang dari tiga strategi yang
sudah ada sebelumnya yaitu strategi dari Aaron Copland dalam What to Listen
for in Music, strategi dari Anders Ericsson dalam PEAK: Secrets from the New
Science of Expertise dan kursus daring Dr. Noa Kageyama. Karya tulis ini akan
menjelaskan pengaruh dari penerapan strategi a thirteen-week performance
practice routine terhadap kemampuan menghafal mahasiswa piano klasik.
Menghafal merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam
pembelajaran piano. Hal ini karena kemampuan menghafal yang baik
membantu pianis untuk bisa memainkan musik dengan kebebasan mutlak dan
penting dalam membangun hubungan psikologis dengan pendengar. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Fakultas Seni
Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Subjek penelitian adalah dua
orang mahasiswa piano Program Studi S-1 Pendidikan Musik bernama
Benediktus Daryn Bagus Lamandau dan Sheehan Agatha Putri Rianto. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi a thirteen-week performance
practice routine dapat membantu menghafal score musik terutama dalam
pembelajaran piano.
Tidak tersedia versi lain