Tugas Akhir
Strategi pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta
Penelitian ini untuk mengungkap dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Bantul. Selama masa pandemi Covid-19 kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Bantul tetap berjalan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, tujuan lainnya ekstrakurikuler tari tetap berjalan selama masa pandemi Covid-19 yaitu untuk melibatkan ekstrakurikuler tari dalam lomba yang diadakan selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pembimbing ekstrakurikuler tari, pelatih tari, dan peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari selama masa pandemi Covid-19. Objek penelitian adalah strategi pembelajaran ekstrakurikuler tari pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru, pelatih tari, dan peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari selama masa pandemi Covid-19. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan dari mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Bantul tetap berjalan selama masa pandemi Covid-19. pembelajaran ekstrakurikuler tari di masa pandemi Covid-19 menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan kontekstual yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Tidak tersedia versi lain