Tugas Akhir
Strategi Pembelajaran Teknik Vokal dalam Ekstrakurikuler Musik pada Masa Pandemi Covid-19 di Smp Negeri 1 Bantul Yogyakarta
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu adanya fenomena
keberadaan kagiatan ekstrakurikuler musik yang aktif dilakukan sebelum maupun
selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler
musik di SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta pada masa pandemi covid-19. Fokus
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran teknik vokal
dalam ekstrakurikuler musik yang meliputi perencanaan pembelajaran
ekstrakurikuler musik, strategi pembelajaran dan hambatan-hambatan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian
ini adalah strategi pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler musik,
sedangkan subjek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler musik,
pelatih vokal, wakil kepala sekolah SMP Negeri 1 Bantul dan peserta didik yang
mengikuti ekstrakurikuler musik pada masa pandemi covid-19. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi,
wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan
dalam penelitian ini meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran teknik vokal
dalam ekstrakurikuler musik menggunakan dua strategi pembelajaran yaitu strategi
pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran afektif. Penggunaan strategi
pembelajaran ekspositori dalam kegiatan ekstrakurikuler musik khususnya materi
teknik vokal dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dilihat dari peserta didik
yang dapat bernyanyi menggunakan teknik vokal yang baik dan benar dan dilihat
dari prestasi peserta didik dalam berbagai kejuaraan di berbagai perlombaan
bernyanyi. Sedangkan strategi pembelajaran afektif proses mendorong peserta
didik untuk memiliki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan dalam mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler musik. Penggunaan strategi tersebut sudah tepat untuk
pembelajaran teknik vokal dalam ekstrakurikuler musik pada masa pandemi covid19 karena peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik dan
peserta didik disiplin dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik.
Tidak tersedia versi lain