Tugas Akhir
Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Tari Di SMP Negeri 16 Yogyakarta
Model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
(PAIKEM) adalah sebuah model pembelajaran yang dapat diterapkan pada
kegiatan ekstrakulikuler. Model PAIKEM yang digunakan oleh guru
ekstrakulikuler tari di SMP Negeri 16 Yogyakarta menjadikan peserta didik
merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang
diajarkan. Penggunaan model PAIKEM bisa meningkatkan prestasi peserta didik
salah satunya Juara I Lomba Tari Kreasi Tingkat Nasional. Tujuan penelitian
adalah mendeskripsikan model PAIKEM yang diterapkan pada kegiatan
ekstrakulikuler tari di SMP Negeri 16 Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Objek
penelitian adalah model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan pada kegiatan ekstrakulikuler tari dengan materi Tari Sekar
Pudyastuti, dengan subjek penelitian guru ekstrakulikuler tari dan peserta didik
ekstrakulikuler tari. Lokasi penelitian di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi teknik, analisis data yang
digunakan dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PAIKEM
berjalan lancar pada kegiatan ekstrakulikuler tari sesuai dengan enam tahapan
PAIKEM. Kriteria aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan juga terdapat
dalam kegiatan ekstrakulikuler tari. Kriteria aktif dan menyenangkan lebih
mendominasi dari kriteria yang lain sehingga membuat peserta didik memiliki
rasa percaya diri serta siap untuk berkompetisi dalam meningkatkan prestasi
bidang tari. Rasa percaya diri ditunjukkan oleh peserta didik yang lebih cepat
merespon perintah guru dengan melakukan tindakan lebih cepat dari sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain