Tugas Akhir
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Eksplorasi Bunyi Pola Ritmis Perkusi di Sekolah Seni Alam (Sulam) Yogyakarta
Pendidikan menjadi hal yang penting sejak awal hingga akhir hayat terlebih lagi untuk membentuk karakter yang berkualitas bagi seseorang sejak dini. Pendidikan karakter dapat diterapkan melalui mata pelajaran seni budaya baik secara formal maupun nonformal. Pada proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di Sekolah Seni Alam (SULam) Yogyakarta menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter di SULam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di SULam Yogyakarta, Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di SULam terdapat dua tingkat. Pada tingkat dasar terdapat tahap pengenalan instrumen perkusi, pencarian, dan pematangan kemudian pada tingkat lanjutan terdapat tahap pengenalan musik digital, analisis, membuat karya, dan siap mengajar. Dalam pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditemukan meliputi nilai-nilai pendidikan krakter kreatif, ingin tahu, tanggung jawab, mandiri, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli lingkungan. Hal ini ditujukkan untuk membentuk karakter anak selama proses pembelajaran berlangsung
Tidak tersedia versi lain