Tugas Akhir
Penerapan Pendekatan Saintifik Pada pembelajaran Tari kelas VII C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Yogyakarta
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Yogyakarta terdapat kendala pada mata pelajaran tari yang ditemukan pada salah satu kelas. Terdapat kelas yang terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran tari, sehingga guru menggunakan pendekatan saintifik dengan tambahan media pembelajaran dalam proses pembelajarannya. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang menggunakan metode ilmiah dalam kegiatan pembelajaran dan memberikan ruang pada peserta didik secara luas dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tari kelas VII C semester gasal di SMP Negeri 1 Yogyakarta Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah teknik triangulasi wawancara, dokumentasi dan observasi karena bersifat dapat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari dengan menerapkan pendekatan saintifik di kelas VII C berlangsung kondusif dengan tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Siswa mengalami peningkatan skor nilai hasil belajar. Menunjukkan interaksi, yang semula pasif menjadi lebih aktif dalam pembelajaran
Tidak tersedia versi lain