Tugas Akhir
Metode Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta
Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan metode pembelajaran holistik yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru Seni Budaya di SMP Negeri 11 Yogyakarta menggunakan metode CTL dalam penyampaian materi seni tari kelas VII dengan materi ruang, waktu, dan tenaga menjadikan pembelajaran lebih mudah dimengerti oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Metode Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran tari di SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan subjek penelitian guru seni budaya dan siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, kemudian memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari pada kelas VII A di SMP Negeri 11 Yogyakarta diterapkan dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning dan tahapan pembelajarannya sesuai dengan komponenkomponen CTL, Penggunaan CTL mampu membuat siswa memperoleh nilai di atas KKM yang ditentukan.
Tidak tersedia versi lain