Tugas Akhir
Analisis Label “Hijab” Pada Kemasan Produk Wings
Produk-produk berlabel “hijab” termasuk dalam produk yang aktif
diproduksi oleh berbagai perusahaan, termasuk Wings. Label “hijab” pada
kemasan menjadi pengaruh terhadap elemen-elemen di dalamnya dan
memungkinkan adanya praktik komodifikasi. Berdasarkan permasalahan
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kemasan
produk-produk berlabel “hijab” Wings dengan menggunakan pendekatan
analisis wacana kritis (AWK) Van Dijk untuk menguraikan wacana di balik
pencantuman teks “hijab” pada kemasan. Teori AWK Van Dijk yang
menggambarkan tiga dimensi dalam suatu wacana, yaitu dimensi teks, konteks,
dan kognisi sosial, menjadi pedoman untuk menganalisis objek dalam penelitian
ini, yakni kemasan produk-produk berlabel “hijab” yang dihasilkan perusahaan
Wings, antara lain: So Klin Pewangi Hijab Double Perfume, Deterjen Daia Clean
& Fresh Hijab, Giv Hijab, Giv White Hijab, & Natural Hijab Refresh Series,
serta Royale by So Klin Perfume Series Hijab. Analisis tersebut dilakukan
dengan menguraikan tiga dimensi AWK Van Dijk dalam masing-masing
kemasan. Hasil analisis membuktikan adanya praktik komodifikasi melalui
tampilan visual kemasan masyarakat berhijab sebagarai representasi target
konsumen serta ditampilkan secara berbeda agar terlihat lebih menonjol dari
kemasan produk lain yang masih dalam satu seri. Sementara itu, teks “hijab”
pada kemasan memiliki makna semula berupa tabir, atau secara spesifik
berkaitan dengan kain yang dapat menimbulkan ambiguitas target konsumen
dalam memahami tujuan produk, terutama dalam menghubungkan makna teks
“hijab” dengan kegunaan produk ketika hijab dipahami sebagai penutup kepala
dan rambut perempuan muslim di zaman ini dan menggantikan istilah “jilbab”
dan “kerudung”. Oleh karena itu, penggunaan teks “hijab” pada kemasan
terkesan dipaksa menyatu dengan pemahaman hijab di masa kini.
Tidak tersedia versi lain