Buku Teks
Menala Tujuan Menghayati Pendidikan: Konsep-konsep internalisasi nilai estetik-empirik dalam pendidikan musik
Pendidikan musik tanpa memberi ruang spesifik pada upaya penyerapan nilai estetik dan empirik, adalah layaknya jurang besar yang akan mengubur hakikat musik sebagai pengalaman keindahan. Buku ini hadir memberikan wawasan menarik kepada pembaca tentang pentingnya internalisasi nilai estetik dan empirik dalam proses pendidikan musik. Di dalam pendidikan musik, kemahiran memainkan instrument musik bukan merupakan tujuan utama, terlebih satu-satunya. Pedagogi telah menekankan pentingnya aspek-aspek kemanusiaan yang ditransmisikan melalui musik yang diajarkan. Dengan mengenali rasa indah di dalam diri peserta didik melalui musik, serta menghayati pengalaman yang dibentuk oleh cipta, rasa, dan karsa, maka pendidikan musik akan menemui manfaat yang sempurna, yaitu menciptakan generasi yang tangguh dan peka terhadap lingkungan dan budaya.
Kata kunci: pendidikan, musik
Tidak tersedia versi lain