Tugas Akhir
Pembelajaran Seni Musik secara Daring bagi Siswa Tunagrahita di SMALB Negeri Pembina Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran Seni Musik secara daring bagi Tunagrahita di SMALB Negeri Pembina Yogyakarta. Anak Tunagrahita dengan keterbatasan yang dimiliki sebenarnya diperlukan adanya guru pendamping khusus secara langsung untuk membantu siswa Tunagrahita dalam belajar, namun dengan adanya COVID-19 pembelajaran harus dilakukan secara daring, komunikasi yang diperlukan dalam pembelajaran menjadi terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMALB Tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Seni Musik secara daring bagi siswa Tunagrahita berjalan efektif dengan adanya penggunaan media pembelajaran seperti Youtube, Zoom Meeting, dan Whatsapp. Metode dan staregi pembelajaran Seni Musik secara daring bagi siswa Tunagrahita yang guru terapkan yaitu metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode penugasan dan untuk strategi individualisasi dan strategi kooperatif. Hasil pembelajaran daring Seni Musik bagi siswa Tunagrahita mampu membawa pengaruh dan manfaat tertentu bagi siswa Tunagrahita menjadikan siswa Tunagrahita memiliki kepercaya diri, menumbuhkan rasa tanggung jawab, mampu mengikuti materi Seni Musik, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, melatih siswa Tunagrahita berpikir secara kritis, dan memunculkan keberanian siswa Tunagrahita dalam bertanya, menjawab dan mengungkapkan ide-ide mereka secara bebas
Tidak tersedia versi lain