Tugas Akhir
Penerapan Metode Kodaly Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Musik Siswa Kelas VII Di SMP Katolik Ricci II Bintaro Tangerang Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode
Kodaly berupa tonic solfa, hand sign, rythm syllables dalam upaya
meningkatkan kemampuan membaca notasi musik siswa kelas VII. Penerapan
metode Kodaly dilakukan setelah peneliti melakukan observasi bahwa siswa
kelas VII kesulitan dalam membaca notasi musik dikarenakan metode
pembelajaran yang diberikan guru Seni Musik kurang maksimal. Landasan
teori yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran, pembelajaran
Seni Musik, kemampuan membaca notasi, metode Kodaly, dan remaja.
Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Ricci II Bintaro, Tangerang Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang
pengumpulan datanya dilakukan dengan tahap observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Katolik
Ricci II Bintaro, Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil penerapan metode
Kodaly pada pembelajaran Seni Musik menggunakan metode Kodaly, siswa
dari kelas VII A dan VII B yang merupakan sampel penelitian berhasil
membaca notasi musik dengan baik menggunakan metode Kodaly berupa
tonic solfa, hand sign, rythm syllables dengan tiga indikator kemampuan, yaitu:
kemampuan membaca ritme/irama, kemampuan membaca melodi/rangkaian
nada, dan kemampuan membaca keselarasan nada. Maka disimpulkan metode
Kodaly dapat digunakan dalam pembelajaran Teori Musik khususnya pada
materi membaca notasi musik di SMP Katolik Ricci II Bintaro, Tangerang
Selatan.
Tidak tersedia versi lain