Buku Teks
Problem Solving Legato, Staccatto Melalui Etude Feuillard Studi Kasus: Mahasiswa Cello Program Studi D‐4 Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Penelitian mengenai “Problem Solving Legato, Staccatto melalui etude Feuillard
Studi Kasus: Mahasiswa Cello Program Studi D-4 Penyajian Musik Institut Seni
Indonesia Yogyakarta” bertujuan untuk mengungkap hasil mengenai
bagaimana proses latihan cello dengan menggunakan Etude karya Feuillard,
untuk mengatasi kesulitan teknik legato, staccato pada pemain cello. Tujuan
berikutnya yaitu mengetahui bagaimana hasil dari etude Feuillard terhadap
teknik permainan cello. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data pada penelitian
menggunakan observasi dan wawancara dengan para responden yaitu
mahasiswa Program Studi D-4 Penyajian Musik atas nama Raden Dwityatama
Darmasakti dan Gian Nugra Adanta. Narasumber dari salah satu dosen di
Program Studi D-4 Penyajian Musik yaitu Dr. Asep Hidayat Wirayudha M. Ed.
Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hubermann.
Tahap analisis data yang dilakukan adalah mereduksi data, menyajikan data
dan memberikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan yang
dilakukan terhadap para responden, yaitu dengan etude Feuillard no 2, 3 dan
6 para responden bisa mengatasi problem solving pada teknik legato dan
staccato akan tetapi memerlukan adaptasi dan memerlukan waktu lebih lama
dalam memproses selama pengamatan tersebut. Hal lain yang ditemukan
adalah etude Feuillard sangat membantu dalam manajemen bowing, khususnya
pada teknik seperti legato, staccato, detached, full length bowing, in middle. Hal
tersebut sekaligus sebagai bentuk implementasi etude Feuillard dalam hal
teknis memainkan karya komposisi musik.
Tidak tersedia versi lain