Tugas Akhir
Metode Jigsaw sebagai Strategi Pembelajaran Rekorder bagi Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sewon
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar memainkan alat
musik rekorder di SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini dilatar belakangi karena
menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran alat musik rekorder.
Guru masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi yang
mengakibatkan siswa menjadi pasif dan bosan. Hal itu juga mengakibatkan
banyak siswa yang teknik memainkan rekordernya tidak benar. Oleh karena
itu penulis mencoba memberikan alternatif solusi dengan menggunakan
metode jigsaw. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A. Objek dari penelitian
ini adalah pembelajaran rekorder, sedangkan subjek dari penelitian adalah
siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam beberapa siklus
yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan
tindakan perbaikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode jigsaw efektif untuk meningkatkan proses dan hasil
pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan hasil nilai praktik memainkan
rekorder pada kelas ini meningkat, yang pada awalnya nilai rata-rata kelas 78,
setelah diterapkan metode jigsaw nilai rata-rata yang diperoleh naik menjadi
82.
Tidak tersedia versi lain