Tugas Akhir
Analisis Semiotika Komunikasi Visual Video Klip Hara Tentang Makna Keseimbangan Alam
Penelitian ini bertujuan untuk mengintepretasikan pesan dan makna yang terkandung dalam video klip Hara menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes terkait makna konotasi dan mitos Metode yang digunakan adalah metode analisis semiotika komunikasi visual yang berdasar pada teori semiotika Roland Barthes terkait makna konotasi dan mitos serta analisis desain komunikasi visual. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa video klip Hara merupakan sebuah karya video klip naratif yang bertema kelestarian alam, yaitu memuat pesan dan makna untuk memengaruhi, mengajak, serta menyampaikan pesan kepada audiens atau penonton untuk saling menjaga dan merawat kelestarian bumi beserta elemen-elemen alam penyusunnya. Dalam menyampaikanpesannya, video klip ini menggunakan pendekatan personifikasi dengan mengambil sudut pandang sosok elemen-elemen alam yang diperankan oleh 6 (enam) penyanyi wanita tanah air, sebagai tokoh utamanya. Dalam menyampaikan pesan dan makna tentang kelestarian alam, video klip Hara menggunakan bentuk tanda visual dan verbal yang bersifat konotatif agar pesan dan makna yang disampaikan lebih menarik, dapat memuat pemaknaan yang bersifat subyektif atau lebih luas, menambah kesan rasa yang lebih indah dan dramatis dalam menyampaikan pesan, serta mampu membangkitkan emosi serta perhatian audiens atau penonton saat menangkap pesan dan makna yang terkandung di dalamya.
Tidak tersedia versi lain