Tugas Akhir
Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Musik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil penerapan model pembelajaran QSH dalam pembelajaran musik kelas VIII di SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya terhadap keaktifan dan minat belajar siswa. Permasalahan yang ditemukan adalah efektivitas pembelajaran musik dalam mata pelajaran Seni Budaya tidak maksimal karena kurangnya keaktifan dan minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dan wawancara. Proses penerapan model pembelajaran QSH dalam pembelajaran musik kelas VIII di SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya dimulai dengan pembagian kelompok belajar, pembahasan materi pelajaran, pembagian materi pelajaran untuk setiap kelompok, diskusi kelompok untuk membuat pertanyaan, presentasi jawaban atas pertanyaan dari kelompok lain dan evaluasi pembelajaran. Hasil dari penerapan model pembelajaran QSH dalam pembelajaran musik ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran musik melalui keaktifan dan minat belajar siswa yang meningkat. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas 79 pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) lebih tinggi dibandingkan pada saat Penilaian Akhir Semester (PAS).
Tidak tersedia versi lain