Tugas Akhir
Instrumen Nonkonvensional sebagai Media Pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri 1 Katingan Hilir
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran ansambel musik dengan media pembelajaran instrumen nonkonvensional di SMP Negeri 1 Katingan Hilir. Pembelajaran ansambel musik tidak terlaksana pada SMP Negeri 1 Katingan Hilir karena media pembelajaran yang kurang memadai sehingga peneliti menawarkan sebuah media pembelajaran yaitu instrumen nonkonvesional untuk pembelajaran ansambel musik. Penelitian inidilandasii dengan teori prinsip dan kriteria pemilihan media pembelajaran serta konsep dan dampak dari pembelajaran ansambel musik dan media pembelajaran instrumen nonkonvensional. Metode penelitian ini menggunakan metodekualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah satu guru Seni Budaya dan seluruh siswa kelas VII-E. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atahu verifikasi. Pembelajaran ansambel musik dapat dilaksanakan dengan baik melalui pemanfaatan instrumen nonkonvensional sebagai media pembelajaran sehingga kompetensi dasar pembelajaran Seni Budaya bidang Seni Musik kelas VII kurikulum 2013 tercapai.
Tidak tersedia versi lain