Tugas Akhir
Problematika Pembelajaran Instrumen Tuba di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 (SMKN 2) Kasihan Bantul Yogyakarta
Tujuan dalam penelitian ini berfokus pada problematika pembelajaran instrumen tuba tingkat X, XI, XII, dan pendidik instrumen tuba di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Problematika dan upaya pemecahan masalah yang dilakukan untuk mengatasi pembelajaran instrumen tuba pada semester gasal 2021. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan pendidik, (2) motivasi belajar, (3) kesulitan mengatasi masalah posisi jari dan tinggi rendah nada, (4) instrumen tuba digabung dengan instrumen trombon dalam proses pembelajaran, (5) belum mempunyai instrumen tuba dan mouthpiece. Sedangkan kendala yang dialami pendidik ialah pada sarana dan prasarana yang belum memadai, serta pendidik bukan pengajar spesifik instrumen tuba, melainkan instrumen trombon. Upaya yang dilakukan adalah target peserta didik mendapatkan hasil optimal dan terarah saat pembelajaran praktik instrumen pokok.
Tidak tersedia versi lain