Tugas Akhir
Strategi Pembelajaran Biola Di Sanggar Biola Quinta Pada Masa Pandemi Covid-19
Sanggar Biola Quinta merupakan salah satu sanggar seni musik yang aktif di Yogyakarta. Sanggar ini memiliki beberapa cabang dengan peserta didik sebanyak 127 murid. Sanggar Biola Quinta memiliki kegiatan pembelajaran yang rutin namun karena adanya pandemi Covid-19, sanggar ini harus ditutup sementara waktu. Selain itu, kegiatan pertunjukan yang biasa dilakukan di luar sanggar harus ditangguhkan. Pada praktiknya, Sanggar Biola Quinta mengadakan pembelajaran biola melalui kelas ansambel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memaparkan hasil yang ditemukan di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara semi struktural. Data lainnya meliputi pengumpulan beberapa dokumentasi kegiatan pembelajaran. Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran dan kegiatan sanggar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Sanggar Biola Quinta menggunakan strategi pembelajaran secara langsung. Pada bulan ke-3 dan ke-4 masa pandemi, Sanggar Biola Quinta mengadakan kelas kembali secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom dan WhatsApp. Sanggar Biola Quinta menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan kegiatan antara lain dalam perijinan orangtua, pengurangan jam belajar, dan penundaan kegiatan diluar sanggar.
Tidak tersedia versi lain