Buku Teks
Penelitian Tindakan Kelas : (Classroom Action Research)
Menurut sebagian ahli pendidikan, penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang tidak menguji teori atau hipotesis tetapi menerapkan teknik, strategi, atau metode hasil penelitian yang sudah teruji pada konteks riil. Penelitian tindakan kelas bertujuan memperbaiki atau memecahkan masalah pembelajaran dengan cara melakukan perubahan dan peningkatan kualitas belajar mengajar. Dari sudut pandang ini, bagi sebagian orang penelitian tindakan kelas tidak masuk dalam kategori penelitian eksperimen, diskriptif maupun penelitian pengembangan. Dalam kasus ini, penulis berbeda pendapat dengan mereka. PTK memang merupakan ujung tombak tindakan uji coba suatu hipotesa dalam dataran riil. Artinya tidak ada lagi usaha untukmenguji hipotesa itu sendiri. Hipotesa yang ada dianggap sebagai hasil akhir penelitian yang sudah teruji, tinggal menerapkannya saja. Tetapi itu hanya batasan kecil dari pengertian PTK yang sesungguhnya. PTK dari segi bahasa maupun subtansinya tidak seperti itu. PTK mempunyai cakupan metodologi penelitian yang cukup luas. la mencakup penelitian; - diskriptif, historis, kasuistik, eksperimen, bahkan pengembangan. Hanya saja cakupannya terbatas dalam ruang kelas. Argumentertama yang diajukan adalah: jika suatu hipotesa perlakuan itu sudah dianggap final dan teruji, kenapa mesti dilakukan penelitian ulang dalam bentuk PTK ? Bukankah tinggal menerapkannya saja ? Bentuk akhirnya adalah Laporan Tindakan Kelas (LTK) bukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tidak tersedia versi lain