Buku Teks
Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Seni Tari. Hal ini dikarenakan guru kurang atau tidak menggunakan media penunjang, misalnya video atau YouTube. Penulis ingin memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan cara membuat media pembelajaran berbasis video. Fokus penelitiannya adalah ingin mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan video dalam pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini kualitatif dan digunakan untuk menguji hasil intervensi (Cruz & Tantia, 2017); sedangkan desainnya adalah Single Subject Research (SSR); penelitian dengan subjek tunggal (perorangan maupun kelompok) dan difungsikan sebagai kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Desain penelitian ini cocok untuk penelitian individual atau jenis penelitian yang tidak membutuhkan situasi tertentu, misalnya distribusi normal. Desain ini dapat digunakan untuk menguji intervensi perilaku yang diimplementasikan pada penelitian pendidikan (Alnahdi, 2017) yang dalam penelitian digunakan untuk menguji efektivitas video pembelajaran berbasis YouTube di SMP Negeri 3 Taliwang. Hasilnya pengguaan video pembelajaran berbasis YouTube dapat memperbaiki kualitas pembelajaran. Pengguanaan media pembelajaran berbasis YouTube memberi kemudahan siswa dalam mencari materi pengayaan untuk pemahaman materi belajar dan siswa dapat mengakses dimana saja dan kapan saja. Hal itu menjadikan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar lebih optimal hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata peserta didik dari 81 menjadi 84.
Tidak tersedia versi lain