Tugas Akhir
Foto Iklan Sebagai Media Promosi Pada Instagram "Ah Lurik"
Penulis menyebutkan bahwa usaha UMKM yang bernama “AH Lurik” adalah salah satu usaha lurik di Kota
Klaten yang sudah lama berdiri sejak tahun 1959, tidak hanya menjual selembaran
kain namun sudah berkembang dengan beberapa varian produk busana dan
aksesoris yang dibuat. Kurangnya promosi menyebabkan sedikit masyarakat
terutama anak muda mengetahui produk yang ditawarkan, sehingga perlu adanya
visual yang digunakan untuk membuat anak muda tertarik akan produk tersebut.
Promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, karena promosi
dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli dan loyal pada produk yang
ditawarkan. Promosi bisa dilakukan dengan cara mengunggah foto atau produk
melalui media online seperti Instagram. Tujuan penciptaan karya seni fotografi ini
adalah untuk membuat foto iklan di media sosial Instagram sebagai media promosi
bagi AH Lurik. Metode yang digunakan meliputi tahapan eksplorasi, improvisasi,
dan pembentukan. Dalam tahapan eksplorasi dilakukan pengamatan dan pencarian
data, sedangkan tahap improvisasi adalah menyusun ulang data, membentuk sketsa,
dan melakukan percobaan-percobaan seperti tata cahaya, pemilihan warna, dan
objek, kemudian pada tahap pembentukan karya dilakukan perwujudan sketsa ke
dalam bentuk foto. Bentuk dasar penciptaan karya berupa varian produk yang dijual
atau diproduksi oleh “AH Lurik”, kemudian diaplikasikan ke dalam platform media
sosial Instagram. Dengan demikian, hasil karya penciptaan fotografi komersial ini
bisa menarik lebih banyak perhatian konsumen terutama anak muda untuk membeli
dan melestarikan budaya lurik yang ada di Indonesia.
Tidak tersedia versi lain