Tugas Akhir
Perancangan Produk Mainan Edukasi sebagai Media Pembelajaran Menulis Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan
Anak tunagrahita ringan adalah anak dengan intelegensi dibawah rata-rata, sehingga
mengalami kesulitan dan ketertinggalan dalam mengikuti program pembelajaran di
sekolah umum, tetapi masih memiliki kemampuan yang bisa dikembangkan melalui
pendidikan dan sekolah khusus dengan materi yang harus diajarkan secara berulangulang. Keterbatasan intelegensi yang berada di bawah rata-rata anak normal membuat
anak tunagrahita kesulitan dalam berfikir abstrak, sehingga anak tunagrahita harus
belajar dengan menggunakan konsep berfikir konkret. Proses pembelajaran anak
tunagrahita ringan diarahkan pada kemampuan akademis, dan menulis adalah salah
satu materi pelajaran yang harus dikuasai oleh semua peserta didik agar dapat
mengikuti mata pelajaran yang lain. Bagi peserta didik tunagrahita, kemampuan
menulis dianggap sulit dan tantanganya besar karena motorik halus anak tunagrahita
yang juga sedikit lemah. Namun kemampuan itu perlu terus dilatih agar muncul
kemandirian. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan perancangan
mainan edukatif yang dapat dijadikan sebagai penunjang media pembelajaran yang
bersifat konkret dan dapat membantu proses pembelajaran menulis permulaan bagi
anak tunagrahita ringan
Tidak tersedia versi lain