Tugas Akhir
Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
Masa kanak-kanak tidak luput dari yang namanya bermain. Dulu, sering
dijumpai anak-anak bermain di luar rumah pada sore hari. Semakin
berkembangannya teknologi yang mudah dijangkau, pola bermain anak menjadi
berubah. Anak-anak yang dulu senang bermain di luar rumah bersama teman
sekarang, banyak yang lebih memilih bermain gadget dirumah. Kurangnya
kontrol dan pengawasan dari orang tua saat anak menggunakan fasilitas gadget
menimbulkan akibat yang buruk. Anak-anak menjadi kecanduan bermain gadget.
Kecanduan gadget pada anak menjadi permasalahan yang banyak terjadi. Terlihat
dari munculnya kasus-kasus akibat anak kecanduan gadget di berbagai daerah
salah satunya di Yogyakarta. Untuk itu perlu dibuat sebuah kampanye untuk
mengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak. Dalam kampanye ini tentu
diperlukan sebuah media penunjang yang dekat dengan target audien primer ( usia
6-12 tahun) yang menyukai bermain gadget agar media penunjang dapat mampu
menarik perhatian target audien primer. Perancangan yang dibuat ini tentang film animasi yang mencoba untuk
menceritakan pentingnya bermain di luar bagi anak-anak dan sebagai sebuah
media penunjang kampanye dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak.
Permasalahan pada perancangan ini mencoba membuat sebuah media untuk
menyadarkan target audien primer akan bahaya gadget agar mereka tidak
kecanduan gadget. Perancangan ini menggunakan film animasi 2D karena media
ini dekat dan mudah dijangkau target audien. Lalu, Perancangan ini juga memakai
kedekatan pertemanan sebagai konsep narasi film dan memakai gaya gambar
kartun
Tidak tersedia versi lain