Tugas Akhir
Wacana Lebaran Dalam Desain Iklan Ramayana Ramadhan #Kerenlahirbatin (Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough)
Perkembangan media periklanan di Indonesia mengalami evolusi mulai
dari percetakan, elektronik, hingga sekarang menggunakan media baru/media sosial.
Perubahan yang terjadi seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi,
membuat pengiklan menggunakan media semua lini. Salah satu iklan tersebut ialah
Ramayana Ramadhan #kerenlahirbatin menyambut Lebaran tahun 2018 diungah di
YouTube oleh akun Ramayana Department Store. Iklan ini sangat menarik atensi
masyarakat karena konsep jadul dan pendekatan humor yang digunakan. Iklan ini
trending di YouTube setelah 2 hari di unggah. Tujuan penelitian ini ialah
membongkar dan mencairkan ideologi yang mengikat iklan Ramayana Ramadhan
#kerenlahirbatin menyambut Lebaran tahun 2018. Data dikumpulkan melalui studi
pustaka, dokumentasi dan wawancara. Metode dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis menggunakan metode analisis wacana
kritis model Norman Fairclough. Tahap analisisnya terdiri dari 3 dimensi, yaitu
dimensi teks, dimensi diskursif, dan dimensi sosio-budaya. Iklan Ramayana
Ramadhan #kerenlahirbatin menyambut lebaran bertujuan membangun citra
perusahaan melalui konsep iklan yang menyesuaikan target audien menengah
kebawah, masyarakat menengah kebawah mudah menerima informasi yang
diselingi oleh hiburan humor.
Tidak tersedia versi lain