Tugas Akhir
Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta
Menarikan Tari Krincing Kuning diperlukan fisik yang kuat, kepekaan terhadap musik, dapat bekerja sama untuk menyatukan rasa dalam menggerakkan tubuh dan krincing. Penerapan metode pembelajaran harus tepat sehingga peserta didik dapat menarikan Tari Krincing Kuning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada pembelajaran Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pimpinan sanggar, pengajar dan peserta didik Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta, sedangkan sumber data sekundernya berupa data yang tersusun dalam bentuk dokumen seperti foto dan video pembelajaran Tari Krincing Kuning. Tahap analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tari Krincing Kuning menggunakan metode pembelajaran campuran (eclectic methods). Metode-metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Krincing Kuning merupakan kombinasi dari kelebihan-kelebihan setiap metode atau cara yang digunakan pengajar. Metode-metode pembelajaran tersebut diambil sisi positifnya sehingga dapat menutupi kekurangan satu sama lain. Metode ini merupakan kombinasi sisi positif dari beberapa metode, yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode ice breaking.
Tidak tersedia versi lain