Tugas Akhir
Strategi Pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati Secara Daring pada Kelas XI SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Tari Yogya Putri secara daring di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Proses pembelajaran Tari Yogya Putri Kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta tetap berjalan meski dilakukan secara daring di tengah pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pembelajaran secara daring Tari Yogya Putri kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran secara daring pada pembelajaran Tari Yogya Putri kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Guru pengampu Tari Yogya Putri dan peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi metode dan sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran secara daring dapat berjalan pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut terjadi karena strategi guru dalam memotivasi peserta didik agar mengikuti sanggar sangat efektif, tujuan guru memotivasi peserta didik untuk mengikuti sanggar supaya peserta didik dapat mendalami bentuk dan teknik gerak Tari Beksan Srikandi Suradewati. Hasil belajar Tari Yogya Putri peserta didik meningkat karena adanya motivasi dari guru. Hambatan dalam proses pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati secara daring terdapat pada jaringan serta fasilitas yang kurang memadai.
Tidak tersedia versi lain