Tugas Akhir
Jam Session sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Ensambel Combo Band bagi Mahasiswa Pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Secara individu, mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta memiliki kemampuan yang baik namun masih mengalami kesulitan ketika bermain secara ensambel. Hal ini menyebabkan terhambatnya kegiatan belajar mengajar serta peningkatan keterampilan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jam session sebagai upaya meningkatkan keterampilan bermain ensambel combo-band mahasiswa popjazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktifitas, terhadap satu orang atau lebih. Subjek penelitian adalah mahasiswa pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang aktif dalam kegiatan jam session di Etawa Jazz Club. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa memiliki kesulitan dalam bermain secara ensambel karena mahasiswa butuh proses adaptasi supaya mampu memainkan lagu atau repertoar secara ensambel dari segi partner, repertoar, form lagu, wawasan untuk melakukan interupsi dalam repertoar jazz, dan lain sebagainya. Dengan aktif mengikuti kegiatan jam session memberikan manfaat bagi peningkatan dalam bermain ensambel combo-band. Hal ini juga berpengaruh pada proses pembelajaran mata kuliah ensambel pop-jazz di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain